Wujud SDM Unggul, Unnes Jalin Kegiatan Sama dengan KJRI Jeddah

Wujud SDM Unggul, Unnes Jalin Kegiatan Sama dengan KJRI Jeddah

JAKARTA – Universitas Negeri Semarang (Unnes) resmi menjalin kerja sama secara Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia (SDM). Sinergi tersebut ditempuh melalui penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan secara virtual di KJRI Jeddah dan kampus Unnes di Semarang.

“Semoga melalui kegiatan sama ini, Unnes dan KJRI Jeddah bisa memberikan manfaat untuk banyak pihak dan mendukung pendirian di Indonesia, ” ujar Rektor UNNES Fathur Rokhman dalam keterangannya, Jumat (9/10/2020). (Baca juga: Penyetaraan Akreditasi, 30 Program Studi di ITB Raih Nama Unggul)

Terkait kerja sama itu, Fathur berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi para-para lulusan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Makkah (SIM) agar diterima di Unnes. Jalinan itu akan terus diperluas ke bidang lainnya, antara lain internship, pengiriman tenaga pengajar Bahasa Nusantara bagi Penutur Asing (BIPA), konseling hukum serta pelatihan kewirausahaan.

Bila pada tahun sebelumnya hanya dua siswa yang diterima di UNNES, pada tahun masukan ini jumlahnya meningkat menjadi sembilan orang siswa dari SIJ dan SIM. Seluruh siswa tersebut diterima melalui jalur mandiri dengan kalender beasiswa dan bantuan biaya keinginan hidup selama delapan semester.

Baca Juga:

“Kita harapkan semoga kerja sebanding KJRI Jeddah dan UNNES bisa membantu memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan, ” ujar Duta Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono. (Baca serupa: Epidemiolog UGM: Cegah Klaster Pesantren, Terapkan Karantina Mandiri)

Hingga tahun ini, KJRI Jeddah telah menjalin kerja setara afirmatif dengan tiga perguruan luhur di tanah air yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Darussalam Gontor (UDG) dan terakhir dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

KJRI Jeddah juga mengajak perguruan tinggi lainnya turut berkontribusi untuk bersama-sama mencerdaskan anak-anak keturunan di rantau melalui kerja sesuai pendidikan dan pengabdian kepada bangsa dalam rangka membangun SDM dengan unggul.

Berita Terkait

TULIS KOMENTAR ANDA!
Author Image
Vincent Moore