Tower SUTET Roboh, Dua Petani Luka Sobek

Tower SUTET Roboh, Dua Petani Luka Sobek

BATANG – Sebuah menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 136 di area persawahan desa Kebumen, kecamatan Tersono roboh. Dua petani asal desa Kebumen, Fahrudin (55) dan Turyati (57) jadi target dengan luka ringan serta shock.

“Ya kejadian tadi (siang), ” kata Kapolsek Tersono, AKP Akhmad Almunafisi saat dikonfirmasi, Minggu (1/11/2020) malam.

Keterangan yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Minggu siang. Diduga, tower roboh saat sedang dilakukan penarikan kabel jaringan Transmisi 500KV Baur – Ungaran oleh PT. Energy Indonesia Perkasa. (BACA JUGA: Pola SUTET di Cilacap Terganggu, Listrik di Sejumlah Wilayah Jateng serta DIY Padam)

Awalnya, pekerja tower Sutet dari PT EIP sedang melaksanakan pekerjaan pemasangan/ penarikan kabel dari Tower 151 di desa Kalangsono, Kecamatan Banyuputih.

Baca Juga:

Diduga terlalu kencang zaman penarikan kabel dari arah barat (Limpung) dan belum adanya penarikan dari arah timur, sehingga tidak seimbang. Kemudian, tower tidak kuat menahan hingga roboh ke arah barat di area persawahan.

Akibatnya Fahrudin, warga Rt 04/01 Dukuh Kaum, Desa Kebumen KecamatanTersono mengalami luka sobek dibawah mata kanan.

Lalu, Turyati (57) warga Rt 01/01 Dukuh Kaum, Desa Kebumen KecamatanTersono mengalami trauma shock dalam bentuk sadar selanjutnya dirujuk ke RSUD Limpung. (BACA JUGA: Dokumen Posisi Tanah Jalur SUTET di Pangandaran Tak Jelas)

Kejadian itu mewujudkan petugas menutup sementara jalan Kebumen – Harjowinangun Barat untuk perbaikan jaringan dan menghindari korban susulan.

Author Image
Vincent Moore