Tanah air Bekasi Perpanjang PPKM Level 4, Mal Boleh Bekerja Pukul 10. 00-20. 00 WIB

BEKASI – Pemerintah Praja Bekasi memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sampai dengan 23 Agustus 2021. Namun, ada relaksasi dalam aturan sebati Surat Edaran Nomor: 443. 1/1184/SET. COVID-19 tersebut.

Kabag Humas Setda Kota Bekasi, Sajekti Rubiah mengutarakan, perpanjangan PPKM di Tanah air Bekasi tetap menindaklanjuti komando Menteri Dalam Negeri Bagian 30 Tahun 2021 mengenai PPKMLevel 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, menetapkan dilakukan pengetahuan pada pekerjaan masyarakat. (Baca juga; Mal Buka Teristimewa, Pengelola Grand Metropolitan Bekasi Pastikan Ikut Aturan )

Adapun aturan itu berupa pengoperasian kegiatan belajar mengajar disatuan pendidikan dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh, pelaksanaan kegiatan pada sektor non pokok diberlakukan 100% Work From Home (WFH). Untuk esensial seperti perbankan hanya meliputi asuransi, bank dll, hanya 25% staf yang meresap.

Kemudian perhotelan non-penanganan karantina dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% staf. Esensial pada sektor pemerintahan yang memberikan penyajian publik yang tidak bisa ditunda pelaksanaannya diberlakukan 25% maksimal staf WFO dengan protokol kesehatan secara sendat.

Sedangkan kiritka seperti kesehatan dapat jalan 100% staf tanpa ada pengecualian. Untuk pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional tiba pukul 06. 00 – 20. 00 WIB secara kapasitas pengunjung 50% secara protokol kesehatan yang sendat. (Baca pula; Di Jembatan PIK Dilarang, Di Bekasi Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Manusia besar di Lahan Tambak )

Khusus untuk kegiatan pasar rakyat seperti toko pakaian, gardu sepatu, toko emas serta lainnya dibatasi sampai secara pukul 15. 00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50% dengan protokol kesehatan dengan ketat. Bagi pedagang suku lima di Pasar Baru Bekasi, Kranji Baru, Bantargebang dan Kranggan beroperasi mulai pukul 21. 00 – 05. 00 WIB.

Untuk supermarket, gardu kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai Pukul 21. 00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50%. ”Pengunjung makan ditempat maksimal 3 orang dan waktu makan dibatasi maksimal 30 menit dengan adat kesehatan yang ketat, ” katanya.

Restoran/rumah makan, kafe dengan daerah pelayanan di ruang terkuak diizinkan buka sampai secara pukul 21. 00 WIB, kapasitas 25%, satu meja maksimal 3 orang serta waktu makan 30 menit, dengan protokol kesehatan yang ketat dan yang berharta dalam gedung/toko tertutup bisa menerima makan ditempat (dine in) sampai pukul 21. 00 WIB.

Sementara kegiatan pada was-was perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dilakukan uji coba implementasi protokol kesehatan diizinkan beroperasi dengan keyakinan dapat beroperasi 50% di pukul 10. 00 WIB hingga pukul 20. 00 WIB. ”Wajib untuk memakai aplikasi peduli lindungi buat melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai, ” tegasnya.

Awut-awutan restoran/rumah makan, kafe di dalam pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan bisa menerima makan ditempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 25% satu meja suntuk 3 orang, dan masa makan maksimal 30 menit. ”Anak dengan usia 12 tahun dilarang memasuki was-was perbelanjaan, mal dan induk perdagangan, ” jelasnya.

Untuk bioskop, wadah bermain anak – anak, gelanggang mekanik, dan wadah hiburan dalam pusat perbelanjaan ditutup. ”Pelaku usaha klab malam, musik hidup, pub, karaoke, bilyard, panti pijat, spa/panti mandi uap (sauna), salon dan refleksi suku untuk sementara tidak diperbolehkan melakukan operasional, ” tandasnya.

Author Image
Vincent Moore