Taliban Berkuasa, BIN Beri Menghiraukan Khusus Keamanan WNI dalam Afghanistan

JAKARTA – Institusi Intelijen Negara (BIN) memberi perhatian khusus mengenai keamanan Awak Negara Indonesia (WNI) pada Afghanistan, seiring terjadinya pertentangan politik di negara tersebut.

Deputi VII BIN, Wawan H Purwanto mengutarakan, pihaknya terus mencermati kemajuan situasi keamanan di Afghanistan pasca Taliban menguasai negara tersebut.

“Hal itu guna menghimpun informasi sebagai bahan masukan kepada pemerintah agar bisa mengambil kebijakan yang terbaik buat kepentingan bangsa dan negara Indonesia, ” ujar Wawan saat dikonfirmasi MNC, Minggu (22/8/2021). Menyuarakan juga: BIN Perkuat Deteksi Dini Kelompok Teroris dengan Dekat Taliban

Menurut Wawan, keselamatan WNI di Afghanistan menjadi prioritas bagi pemerintah. Karenanya, BIN memberikan pertolongan penuh bagi upaya perlindungan WNI. Baca juga: Dramatis, Detik demi Detik Proses Evakuasi WNI dari Afghanistan

“BIN juga memberikan atensi terhadap iklim WNI yang ada pada Afghanistan. Hal itu ialah bagian dari upaya buat melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Era ini keselamatan WNI dalam Afghanisatan menjadi prioritas bagi Pemerintah Indonesia, ” terang Wawan.

Sebagai informasi, gerilyawan Taliban lulus memasuki Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu 15 Agustus 2021. Dikuasainya Kelulusan menjadi puncak dari gempuran kilat Taliban terhadap pemerintah Afghanistan.

Cepatnya keruntuhan pertahanan pemerintah Afghanistan setelah penarikan tentara AS dari negara tersebut telah mengejutkan semua pihak. Pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk mengevakuasi sejumlah WNI dari Kabul. Kini WNI tersebut telah berada pada Tanah Air.

Author Image
Vincent Moore