Sedang Tinggi, Harga Gula Nasional Berkisar Rp15. 000 per Kg

Sedang Tinggi, Harga Gula Nasional Berkisar Rp15. 000 per Kg

loading…

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat makna gula di dalam negeri sedang berkisar Rp15. 000 per Kg. Padahal, harga eceran tertinggi (HET) belum mengalami perubahan yakni masih sebesar Rp12. 500 per Kg.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan harga rata-rata nasional di angka 15. 000 semenjak Kg. Sedangkan, di beberapa kawasan sudah di sekitaran Rp12. 500 dan Rp13. 500 per Kg. Adapun di Indonesia Timur diakui Mendag masih ada kenaikan makna.

“Memang di Nusantara Timur masih tinggi karena sekatan distribusi kapal ada keterlambatan transmisi sehingga di daerah seperti Maluku masih di Rp16. 000 semenjak Kg, ” kata Mendag di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga:

Dia mengatakan, kehormatan gula secara nasional sudah mendarat signifikan walaupun belum capai HET. Namun, dibandingkan bulan lalu penurunnya sudah sangat jauh dibandingkan secara sebelum ramadan. “Karena kami menjamin pasar dan ritel modern untuk stok gula, ” katanya.

Lebih lanjut, Mendag berniat akan mengendalikan impor gula biar tidak menekan harga di level petani lokal. Namun, untuk memasukkan tidak bisa dihentikan dikarenakan buat memenuhi kebutuhan masyarakat akan gula yang terjangkau.

“Sekarang semua tersedia, di ritel modern juga. Namun, kita pula tidak ingin merugikan petani. Tanpa sampai harga gula di petani terlalu jauh, ” pungkasnya.

(ind)

Author Image
Vincent Moore