Robert Kardinal Nilai Kehadiran Jokowi di PON XX Papua Beri Makna Khusus

PAPUA – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 tak sekedar jadi event olahraga nasional, tetapi memberi makna mendalam tak ada perlakuan berbeda sebab pemerintah termasuk Papua. Bagian DPR dari Dapil Papua Barat, Robert Joppy Pokok mengapresiasi terpilihnya Papua jadi lokasi penyelenggaraan PON XX 2021.

Kritik juga disampaikan kepada Pemimpin Joko Widodo (Jokowi) yang membuka secara resmi penyelenggaraan PON XX Papua 2021, Sabtu (2/10/2021). Baca juga: Panglima TNI Pastikan Pembukaan PON XX Papua Aman

“Kami angkuh Papua terpilih sebagai majikan rumah penyelenggaraan PON XX tahun ini. Kehadiran Presiden Jokowi yang membuka PON XX Papua memberi makna khusus bahwa Papua tak diperlakukan berbeda dari daerah lain di Indonesia, ” ujar Robert melalui bukti tertulis, Sabtu (2/10/2021).

Sebagai wakil rakyat yang empat periode terbatas dari Tanah Cendrawasih, Politikus Golkar ini mengajak seluruh masyarakat Papua tak lagi terbawa isu bahwa Papua dianaktirikan oleh pemerintah. “Momentum yang dibuka langsung Presiden Jokowi secara jelas telah menunjukkan bahwa Papua tak dianaktirikan. Jangan ada lagi pemikiran bahwa kita bertentangan. Jangan mau dipecah mengacaukan, ” pesannya kepada klub Tanah Cendrawasih.

Lebih jauh Robert mengemukakan, tak hanya perhelatan PON Papua bukti bahwa Papua tak dianaktirikan juga terlihat dari masifnya pembangunan insfastruktur di Papua. Sebagai cerita, pemerintah telah menyiapkan perkiraan Rp40, 85 triliun buat melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi serta pelayanan dasar di tarikh depan.

Hal itu tertuang pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022. Anggaran itu akan digunakan untuk membuat berbagai program dasar di beberapa wilayah, termasuk Papua. Dua proyek besar dalam Papua termasuk dalam taksiran disediakan pemerintah di tahun 2022. Proyek itu merupakan pembangunan Jalan Trans Papua Merauke-Sorong senilai Rp1, 81 triliun dan Jembatan Udara 37 Rute di Papua sebesar Rp210, 72 miliar.

“Penyelenggaran PON XX mempertegas kehadiran negeri dalam berbagai sektor dalam Papua, tak hanya pembangunan infrastruktur berupa jalan dan lainnya tapi juga mencuaikan perhelatan olahraga yang menyatukan bangsa Indonesia. Papua merupakan Indonesia, ” tegas adam kelahiran Sorong, Papua Barat, 7 April 1960 suram ni.

PON XX Papua 2021 seperti diketahui telah resmi dibuka oleh Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Dalam prakata, Jokowi mengaku bangga berkecukupan di Tanah Papua serta berada di stadion unggul di Asia Pasifik tersebut.

Penyelenggaraan PON di Papua ditekankan Jokowi menunjukkan bahwa pembangunan di Papua terus terjadi. Jokowi memastikan bahwa kalender pembangunan infrastruktur di Papua akan terus dilakukan pemerintah, baik pembukaan akses pemindahan hingga pada peningkatan sumber daya manusia.

Author Image
Vincent Moore