Rapid Test Massal Negatif, Pasar Baur Uji Coba New Normal

Rapid Test Massal Negatif, Pasar Baur Uji Coba New Normal

Ahmad Antoni

Bupati Batang Wihaji saat monitoring jadwal pelaksanaan new normal di rekan Batang. FOTO: Istimewa

BATANG – Bupati Batang Wihaji menetapkan tidak ada penutupan pasar pada Kabupaten Batang saat pandemi COVID-19. Namun demikian, akan dilaksanakan tes coba new normal atau susunan hidup baru dengan memperketat protokol kesehatan bagi pedagang dan tamu.

“Pasar tidak dapat berhenti apalagi tutup. Ini wadah rakyat kecil mengais rezeki, namun diperketat dan semua pedagang serta pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan, ” tegas Wihaji, Sabtu (6/6/2020).

Pasar Pati Batang termasuk pasar yang sudah memenuhi standar protokol kesehatan. “Alhamdulillah dari hasil rapid massal dengan acak kepada 150 pengunjung serta pedagang pasar semunya negatif, ” ungkapnya.

Baca Juga:

Menurutnya, tatanan hidup baru atau new normal adalah dengan membaisakan penggunaan masker dan face shield, cuci tangan dan physical distancing menjadi jenaka, namun demibmencegah penyebaran COVID-19.

“Protokol kesehatan buat melindungi semunya, apalagi lansia yamg rentan sekali tertular, ” katanya.

Sementara Kepala Perindustrian, Perdagang Koperasi dan UKM Baur Subianyanto menambahkan, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona dan hendak dimulainya uji coba tatana hidup baru di pasar, delapan pasar yang dikelola Pemkab sudah dilengkapi protokol kesehatan.

“Pasar Batang, Bandar, Warungasem, Blado, Bawang, Tersono, Plelen Gringsing adat kesehatanya sama, ” kata Subianyanto.   (Baca juga: Bedudak Sepanjang 2, 5 Meter Gegerkan Warga Perum Tanjung)

Dinas Perindagkop dan UKM juga sudah membuat surat edaran teetkait kondiai persiapan new normal life di pasar. “Tempat basuh tangan sudah kita sediakan, pintu masuk pasar ada penyemprotan awahama, bilik kios untuk jaga tenggang sudah dipasang, masker sudah kita bagi ke pasar sebanyak 5 ribu, ” pungkasnya.

( nun )

Berita Terkait

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)

  • Disqus
  • Facebook
Author Image
Vincent Moore