Putaran 4 Loki Buktikan Time-Keepers Hanyalah Tipuan

Episode 4 Loki mengungkapkan fakta yang mengherankan tentang Time-Keepers. Makhluk yang diklaim kuat dan berkuasa ini tak lain dan tak bukan hanyalah tipuan. (Screen Grab/Disney+ Hotstar)

Episode 4 Loki akhirnya mendirikan sosok asli Time-Keepers. Tetapi, tak seperti yang sebelumnya didengungkan kalau makhluk-makhluk ini sangat kuat dan berkuasa, Time-Keepers terbukti hanyalah tipuan. Pertanyaannya sekarang adalah sapa yang sebenarnya mengendalikan Dominasi Varian Waktu (TVA)?

PERHATIAN: Artikel ini berisi spoiler Episode 4 serial Loki yang sedang tayang pada Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Bersambungan Loki memperkenalkan keberadaan TVA yang bekerja untuk menghapus cabang realitas dan menyekat terjadinya multiverse baru. TVA diperintah oleh trio khalayak kuat yang disebut Time-Keepers. Mereka mengklaim naik kuasa dari perang Multiversal terakhir. Kemunculan mereka di serial Loki hanyalah masalah zaman.

Baca Juga: Time-Keepers Tumbuh, Loki Dihapus dari Linimasa di Episode 4 Loki

Baca Juga:

Sylvie sangat berhasrat untuk bertemu mereka dan membuat itu membayar atas kekacauan dengan terjadi pada hidupnya. Sementara, Loki punya hasrat buat mengambil alih kekuasaan mereka. Time-Keepers sepertinya tahu ancaman para varian Loki itu. Ravonna Renslayer mengatakan, Time-Keepers tertarik pada kasus varian Loki ini. Di babak 4, Ravonna membawa Loki dan Sylvie ke hadapan mereka. Namun, semuanya maka kacau. Dikutip dari ScreenRant , beserta penjelasan terkait apa yang terjadi pada Time-Keepers dalam episode 4 Loki .

1. Itu yang terjadi di putaran 4 Loki

TVA biasanya memvonis varian dengan penghancuran lewat tongkat itu, tapi Loki sepertinya menyebabkan banyak masalah sampai Time-Keepers ingin bertemu mereka secara langsung. Di episode 4, keinginan itu jadi keterangan. Ravonna membawa Loki & Sylvie langsung ke depan mereka sebelum dua karakter itu dihancurkan dari linimasa.

“Apa yang ingin kalian sampaikan ke diri kalian sebelum asal, Varian? ” tanya salah satu Time-Keepers.

Time-Keepers, seperti yang dikatakan Ravonna, sangat ingin menyaksikan langsung eksekusi dua Loki yang dituduh telah mengancam integritas Linimasa Keramat itu. Namun, Sylvie punya prinsip lain. Dia merasa, Time-Keepers takut, terganggu karena rezim mereka terancam. Time-Keepers menggugurkan vonis mereka dengan menetapkan Loki dan Sylvie dihapus dari linimasa. Namun, kehadiran Hunter B-15 mengubah segalanya. Hunter-15 tahu kebenaran mengenai TVA dan dirinya daripada Sylvie. Dia tahu kalau dia dan agen lain di TVA adalah varian, yang dicuri dari linimasa di mana dia enak dan dicuci otak untuk melayani Time-Keepers. Dia selalu tahu kalau dua dewa penipu itu adalah opsi terbaiknya untuk menggulingkan para “dewa” tirani tersebut.

Ravonna dan agennya berusaha melakukan yang unggul untuk melindungi Time-Keepers, akan tetapi gagal. Sylvie bahkan berhasil memenggal salah satu Time-Keepers tersebut. Loki dan Sylvie kemudian tahu kebenaran yang mengejutkan dari peristiwa tersebut: Time-Keepers sebenarnya adalah android tanpa pikiran, lebih bagaikan wayang yang dimainkan pemimpin di balik TVA. Tetapi, Ravonna sepertinya tidak termenung dan justru menghapus Loki dari linimasa.

Detil kecil di bagian 4 Loki ini sudah mengindikasikan kalau Time-Keepers itu hanyalah sebuah kebohongan. Pada situ, cahaya di koridor tempat Time-Keepers berbeda dengan struktur lainnya. Koridor ke tempat mereka berwarna aurum, yang mengingatkan kepada ulama bata kuning di The Wizard of Oz yang membawa Dorothy ke Great, All Powerful Oz, dengan ternyata hanyalah tipuan. Masa gorden disingkap di The Wizard of Oz , Dorothy cakap kalau penyihir itu merupakan mesin yang dioperasikan bani adam biasa yang menggunakan teknologi untuk menciptakan ilusi supremasi. Di Loki , Loki dan Sylvie ada di posisi Dorothy. Bedanya, di Loki, tirainya disingkap dengan cara dengan lebih keras.

Baca Juga: Ada 4 Varian Baru Loki di Adegan Pascakredit Putaran 4 Loki

2. Mengapa Time-Keepers palsu?

TVA yakin kalau mereka diciptakan Time-Keepers untuk menyusun Linimasa Keramat. Namun, episode 3 Loki sudah mulai memecah klaim itu. Dalam episode itu, Sylvie megatakan, kalau seluruh agen TVA adalah varian yang diambil dari linimasa dan dipaksa menjadi abdi Time-Keepers. Tersebut mengindikasikan kalau klaim supremasi Time-Keepers sudah dibesar-besarkan. Itu juga tidak sekuat yang mereka ingin orang membenarkan. Kini, para Loki sudah tahu kalau Time-Keepers tidak ada sama sekali dan segala yang mereka ajarkan kepada TVA juga diperkirakan adalah dusta.

Pengungkapan ini merombak haluan TVA. Mereka percaya jika peran mereka adalah mencegah munculnya multiverse baru dengan menghapus semua cabang. Tetapi, ini sepertinya mereka ialah alat yang fungsinya merupakan memastikan kalau Linimasa Keramat berjalan sesuai keinginan tuan mereka. Ini adalah karakter yang membayangkan diri itu sebagai dewa, yang ingin menguasai linimasa, tapi yang ingin berkuasa dari tanda melalui proxy. Poin belakang ini sepertinya berarti kalau varian mereka ada di Linimasa Keramat dan segenap rumah mereka akan rebah kalau mereka menggunakan tanda asli mereka.

3. Pencipta Time-Keepers

Semua peristiwa di episode 4 itu membuat pertanyaan: jika Time-Keepers merupakan wayang, lantas siapa motor Loki ? Secara alamiah, para penonton akan menunjuk Kang the Conqueror. Dia adalah seorang penjahat penjelajah waktu dengan akan diperankan Jonathan Major di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU). Teknologi TVA saat ini mirip dengan teknologi Chronopolis, kota di luar waktu tempat Ujung berkuasa. Di komik, dia sangat terkait Ravonna Renslayer. Jonathan sudah membantah informasi kalau dia akan hadir di Loki , tapi ini tidak akan menjadi kali baru bagi seorang aktor Marvel berbohong untuk menyesatkan para-para penonton. Kang jelas merupakan taruhan logis karena tempat mempunyai semua teknologi yang akan dibutuhkan untuk menciptakan sesuatu seperti TVA. Tetapi ada satu masalah secara teori ini. Fase 4 MCU sepertinya mengambil penghampiran akurat komik. Seluruh inkarnasi Kang adalah bangga dan arogan, menginginkan rezim & memerintah untuk dirayakan. Ini rasanya bukanlah karakter bagi Kang mana pun untuk menyembunyikan identitasnya di balik Time-Keepers.

Jalan lain yang terbuka luas adalah adanya Loki lain. Tiap inkarnasi Loki memandang diri mereka dewa, mengingikan kekuasaan dan pemerintahan. Seluruh tipun ini mirip bagaikan seorang Loki. Nyatanya, ada paralel dengan Thor: Ragnarok di mana Thor menemukan Loki mengelola Asgard dengan tipuan yang sama. Lebih dari tersebut, ini akan menjelaskan mengapa TVA ditugaskan untuk menghadapi Loki, makhluk yang diidentifikasikan sebagai ancaman potensial terhadap rezimnya—karena dia tahu daya mereka. Dengan asumsi kalau Linimasa Keramat ini jelas, dia yang memastikan jalannya linimasa utama adalah Loki yang mati di tangan Thanos di Avengers: Infinity War , menghancurkan seluruh cabang yang tidak berlaku dan mencegah adanya penantang. Ini akan menjadi twist menarik dengan membuat Loki menjadi pahlawan dan penjahat di serial TV-nya sendiri.

(alv)

Author Image
Vincent Moore