Pandemi COVID-19 Membuat Pekerja Seni Gresik Kelimpungan

Pandemi COVID-19 Membuat Pekerja Seni Gresik Kelimpungan

GRESIK – Para pekerja seni dalam Kabupaten Gresik , terpaksa harus alih profesi secara bekerja serabutan untuk menyambung tumbuh. Selama pandemi COVID-19, mereka tidak bisa pentas sehingga harus kehilangan penghasilan.

(Baca selalu: Anjing Unit K-19 Polda NTB Mampu Deteksi Sabu Dalam Kemasan)

Selama periode pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sekitar enam bulan ini, para pekerja seni tersebut hanya seluruhnya menerima bantuan berupa paket kebutuhan pokok. Kondisi ini salah satunya dirasakan pelaku seni di Padepokan Seni Traju Wening, Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik .

“Kami terpaksa alih profesi, salah satunya jadi pengemudi ojek online dan membuka warung seadanya, karena benar sudah tidak ada penghasilan dan bantuan hanya dapat sekali berbentuk paket kebutuhan pokok, ” ujar Podoantok, salah satu pelaku halus di Gresik .

Baca Juga:

Dalam kondisi serba terbatas dan himpitan ekonomi, para pelaku seni ini tetap berusaha membanting untuk menjaga kelestarian kesenian tradisional. Mereka tetap berkarya, dengan iklim serba terbatas. (Baca juga: Kajian Gempa Megathrust-Tsunami 20 Meter Heboh, Pariwisata Panik)

Author Image
Vincent Moore