PAN Tak Ingin Konflik dengan Amien Rais Dihubungkan ke Muhammadiyah

PAN Tak Ingin Konflik dengan Amien Rais Dihubungkan ke Muhammadiyah

loading…

JAKARTA semrawut Bagaimana pun sejarah mencatat Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan parpol dengan dilahirkan dan didorong tokoh Muhammadiyah. Karena itu dari masa ke masa pimpinan PAN selalu menjaga hubungan dan komunikasi dengan Muhammadiyah, termasuk Zulkifli Hasan (Zulhas) masa ini.

Karena tersebut wajar bila PAN tak mau kehilangan suara warga Muhammadiyah sebab konflik dengan Amien Rais. Penasihat Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, PAN secara politis memang tidak dapat terpisah dari Muhammadiyah. “Hal tersebut tentu karena potensi suara PAN dari Muhammadiyah, meskipun tidak selalu demikian, ” kata Dedi saat dihubungi SINDOnews , Kamis (27/8/2020).

Baca Juga:

(Baca: Amien dan Keyakinan Vokal, Pengamat Sebut PAN Tidak Identik dengan Muhammadiyah)

Menurut Dedi, dalam konteks kekinian upaya mesra PAN-Muhammadiyah bisa dipahami sebagai konversi konflik PAN dengan Amien Rais. Dia tahu, PAN tentu menghindari opini dengan sangat mungkin terbangun. PAN bekerja jangan sampai kekisruhan hubungan secara Amien dianggap terhubung dengan Muhammadiyah.

“Untuk itu opsi ketum PAN mesra dengan Muhammadiyah secara politik cukup baik agar tidak kehilangan terlalu banyak, kematian Amien Rais dan loyalisnya, pula Muhammadiyah yang secara bersam selalu loyalis Amien, ” ujarnya.

(muh)

Author Image
Vincent Moore