Nilai Kematian Covid-19 di 9 Daerah Prioritas Alami Penurunan

Nilai Kematian Covid-19 di 9 Daerah Prioritas Alami Penurunan

JAKARTA – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Lembaga Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo mengatakan angka kematian di 9 dari 10 provinsi prioritas pengerjaan Covid-19 mengalami penurunan. Kesembilan daerah tersebut di antaranya, Provinsi Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, serta Aceh saat ini mengalami penurunan.

“Dari seluruh daerah, semuanya mengalami tren perbaikan sungguh. Angka kematian menurun di 9 provinsi, hanya 1 saja dengan masih belum mengalami penurunan cukup, itu Provinsi Bali. Kemudian Jawa Timur dan Papua sempat terbang tetapi turun lagi pada seminggu terakhir, ” ungkap Doni pada Update Komite PC PEN berantakan Vaksin Covid-19, Protokol Kesehatan, dan Antisipasi Bencana Banjir Musim Abu di Media Center Satgas Pengerjaan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (12/10/2020). (Baca selalu: Update Covid-19: 336. 716 Karakter Positif, 258. 519 Sembuh serta 11. 935 Meninggal)

Kemudian, tren angka kesembuhan juga meningkat di provinsi preferensi kecuali Papua. “Namun pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan dan juga Satgas telah bekerja sama untuk membangun Rumah Sakit Covid yang ada di Biak, ” kata Doni. (Baca juga: Total 11. 935 Orang di Indonesia Meninggal Akibat Covid-19)

Doni mengatakan dengan dibangunkan rumah sakit di sana, diharapkan seluruh masyarakat yang ada pada Kepulauan Yapen Waropen dan serupa Biak Numfor nantinya tidak menetapkan lagi dirawat di Jayapura. “Cukup di Biak saja. Jadi kalau kita lihat dalam 1 bulan terakhir trennya adalah membaik, ” katanya. (Baca serupa: Bayar DP Vaksin dari Inggris, Pemerintah Siapkan Dana Rp3, tujuh Triliun)

Baca Serupa:

Sementara itu, Doni mengatakan khusus untuk Jawa Timur sudah terlihat adanya kesungguhan penanganan Covid-19 sehingga angkanya terus mengalami penurunan dan tidak ada zona merah di sana. “Pada Juni yang lalu, Bapak Pemimpin berkunjung ke Jawa Timur menyampaikan beberapa penekanan dan arahan kepada Gubernur dan seluruh Bupati, Pemangku Kota serta semua pejabat yang ada di Jawa Timur. Alhamdulillah hari ini Jawa Timur telah kurang lebih 3 minggu terakhir tidak ada zona merah. Ada suatu kesungguhan dari seluruh unsur pimpinan di Jawa Timur termasuk tokoh-tokoh yang ada, terutama tokoh pegangan, ” ungkap Doni.

Doni juga mengatakan Presiden Jokowi mengingatkan kepada semua pimpinan untuk melibatkan lebih banyak lagi tokoh-tokoh daerah termasuk juga mereka dengan memiliki pengaruh sehingga masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kesadarannya. Doni kendati secara khusus berterima kasih kepada Bonek yang kini menjadi pelopor masyarakat Jawa Timur untuk taat protokol kesehatan.

“Khusus pada Jawa Timur pula pada kesempatan ini kami mengantarkan terima kasih kepada kawan-kawan Bonek di Jawa Timur yang semula sedang banyak yang menolak menggunakan masker. Alhamdulillah hari ini Bonek justru menjadi pelopor untuk mengajak asosiasi menggunakan masker dan patuh pada protokol kesehatan, ” kata Doni.

Author Image
Vincent Moore