MUI: Wakaf Uang Bisa Maka Solusi Dorong Pemulihan Ekonomi

JAKARTA Wakaf uang dan wakaf produktif dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Skema wakaf sanggup menjadi model pembiayaan produktif untuk sektor ekonomi kerakyatan , UMKM, pertanian, & perikanan, yang belum tersentuh perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

“Banyak sektor ekonomi kerakyatan yang dapat membangkitkan ekonomi masyarakat kolong yang secara bisnis feasible tapi dinilai tidak bankable, disini wakaf uang produktif jadi solusi, ” cakap Ketua Lembaga Wakaf Perhimpunan Ulama Indonesia (LWMUI), Lukmanul Hakim saat membuka Webinar Dialog Wakaf bertajuk “Prospek Wakaf Uang dan Wakaf Produktif Membangun Ekosistem Legal Supply Chain” di Jakarta, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Wapres: Butuh Sosialisasi dan Edukasi Intensif Tingkatkan Literasi Rekan Modal Syariah
Dialog Wakaf dengan diselenggarakan LWMUI menghadirkan narasumber Dr KH Cholil Nafis (Ketua MUI), Muhammad Anwar Bashori (Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia), dan Guntur Subagja (Sekretaris LWMUI). Dipandu sebab moderator Agus Idzwar (musisi religi).

Lukman memapaparkan, dampak pandemi Covid-19 sudah meningkatkan kemiskinan menjadi di atas 10% & 83% UMKM terdampak kaya. “Sebagaimana yang diungkapkan Wapres Kyai Ma’ruf Amin penuh misbar (miskin baru) kelanjutan pandemi, ini menjadi menggubris pemerintah, ” ujar Lukman yang juga Staf Khusus Wakil Presiden RI.

Lukman menjelaskan, LWMUI menindaklanjuti gerakan nasional derma yang diluncurkan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin Januari 2021 lulus. Potensi wakaf uang betul besar mencapai Rp188 triliun per tahun, dan lahan wakaf tersebar di bervariasi daerah seluas 420 seperseribu hektar.

“Lembaga Wakaf MUI harus menjadi role model narzhir pengelola wakaf yang produktif dan mampu melindungi nilai wakafnya, ” jelas Ketua MUI KH Cholil Nafis.

Kyai Cholil menegaskan wakaf bisa menggelar sektor pertanian, perdagangan, pertolongan, dan industri.

Kepala DEKS Bank Indonesia Muhammad Anwar Bashori menyatakan wakaf uang merupakan satu diantara instrumen penting pada ekosistem halal supply chain untuk mengakselerasi ekonomi syariah di masyarakat. “Dalam legal supply chain dapat dikembangkan blending finance yang berasal dari wakaf dan dana komersial lembaga keuangan syariah, ” kata Anwar.

Wakaf dan zakat merupakan keuangan sosial agama islam, namun pemanfaatannya berbeda. “Kalo zakat diperuntukkan konsumtif, sementara wakaf untuk produktif, ” ujar Anwar.

Author Image
Vincent Moore