Moeldoko Minta DPRD Perkuat Fungsi Perlindungan saat Pandemi

Moeldoko Minta DPRD Perkuat Fungsi Perlindungan saat Pandemi

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa DPRD memiliki karakter strategis dalam penanganan pandemi COVID-19 . Terutama terkait tiga hal yakni pembuatan sistem daerah (perda), pengawasan, dan taksiran.

“Ada harapan besar biar anggota dewan bisa menjadi periode penting bagi upaya penanganan pandemi dan dampaknya, ” katanya dikutip dari keterangan persnya, Jumat (6/11/2020).

Moeldoko mengatakan dalam hal pembuatan peraturan regulasi, DPRD harus berpihak pada masyarakat dengan saat ini terdampak COVID-19. Tatkala dari sisi pengawasan, DPRD menetapkan mengawasi anggaran penanganan virus corona, termasuk juga pengawasan realokasi & refocusing anggaran daerah untuk penanganan COVID-19. ( Baca serupa : Kemendagri: Pembangunan Daerah Tanggung Jawab Kepala Daerah dan DPRD)

“APBD supaya benar-benar memikirkan jalan penanganan COVID-19 dan dampaknya, cantik sosial, ekonomi, maupun lainnya, ” tutur Moeldoko.

Baca Serupa:

Selain itu, Moeldoko juga berharap kepada bagian DPRD untuk bisa jadi salah satu penyambung sosialisasi penanganan COVID-19 di daerah. Salah satunya di dalam pelaksanaan protokol kesehatan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, & menjaga jarak. “Tidak bisa pemerintah sendiri, juga harus libatkan seluruh lapisan masyarakat, ” katanya.

Mantan Panglima TNI ini mengatakan siap membantu DPRD di mengoptimalisasikan peran-peran tersebut. Menurutnya, jajarannya bersedia untuk memberikan konsultasi. ( Baca juga : Wantimpres Tegaskan DPRD Legislatif Daerah, Bukan Bagian Pemerintahan)

“Jika teman-teman DPRD memiliki kesulitan silakan berkonsultasi. Kami memiliki program “KSP Mendengar” pada mana setiap orang dapat melahirkan pendapat, berkeluh kesah dan memberi masukan, ” katanya.

Author Image
Vincent Moore