Mendag Blusukan ke Pasar, Ungkap Penyebab Harga Daging Mandung Naik

SURABAYA – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut, kenaikan harga daging ayam broiler di Jawa Timur (Jatim) pada zaman Ramadhan 2021 terjadi akibat harga pakan ayam mengarah naik. Namun demikian, Lutfi menyebut, harga daging mandung broiler di Jatim sedang jauh lebih rendah dipadankan dengan tempat-tempat lain pada Indonesia.

Baca Juga: Mendagri Terbitkan Instruksi Baru soal PPKM Mikro Tahap Keenam, Tersebut isinya

Data Sistem Bahan Ketersediaan dan Perkembangan Makna Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim per Selasa (20/4/2021) membuktikan, harga rata-rata daging mandung broiler di Jatim sebesar Rp37. 042 per kilogram (kg).

Sementara di Bandung, Jawa Barat, harga rata-rata keturunan ayam broiler sebesar Rp40. 000 per kg. Sehingga menurut Lutfi, harga daging ayam broiler di Jatim ini merupakan masih cukup baik.

“Karena pakan ayam itu harganya naik, maka kehormatan daging ayam juga terangkat, ” kata Lutfi di saat sidak di Pasar Wonokromo, Surabaya, Selasa (20/4/2021).

Mengucapkan Juga:

Data Siskaperbapo Jatim pula menunjukkan, di Jatim, harga daging ayam broiler sempurna di Kabupaten Pamekasan, yakni sebesar Rp44. 000 bola lampu kg. Sedangkan yang terendah di Kabupaten Madiun sebesar Rp33. 500 per kg. Di Surabaya, harganya Rp36. 200 per kg.

“Secara umum untuk bulan Ramadhan di seluruh Indonesia cukup, harga-harga bahan pokok stabil dan terjangkau, ” kata Lutfi.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Kota Serang Merangkak Terangkat

Sementara itu, Kepala Jawatan Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, Drajat Irawan mengutarakan, secara umum, kata dia, harga kebutuhan pokok dalam Jatim selama ramadhan ini cukup stabil. Seperti harga daging sapi yang rata-rata sebesar Rp109. 718 bagi kg, telur ayam sama Rp23. 733 per kg, bawang merah rata-rata seharga Rp27. 031 per kg dan beras bengawan sama seharga Rp11. 310 bohlam kg.

“Meski harga stabil, perkara ada tidaknya operasi pasar itu tergantung dari Awak Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Tapi kalau pasar murah ada di tiap kabupaten dan kota dan serupa bakorwil. Kita juga belakang akan mengadakan pasar murah, ” kata Drajat.

Author Image
Vincent Moore