Menakar Peluang Bangun Kilang Minyak Mini di Indonesia Timur

Menakar Peluang Bangun Kilang Minyak Mini di Indonesia Timur

loading…

JAKARTA – Jawab memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri serta menunjang ketahanan energi nasional, timbul wacana membangun kilang minyak mini. Pabrik itu nantinya diproyeksikan memenuhi keinginan BBM di wilayah Indonesia arah timur.

Menanggapi hal tersebut, Komite Penanaman Modal BKPM Toto Nugroho mengatakan, bahwa hal itu bisa dilakukan, namun ada dua syarat yang harus dipenuhi. Mula-mula, kilang minyak mini harus depan dengan sumber crude oilnya.

Kedua, lokasi pabrik minyak mini harus dekat dengan sumber konsumsinya. “Harus dekat secara sumber konsumsinya, agar biayanya menjelma lebih efisien, ” ujar Toto dalam webinar secara virtual, Kamis (30/7/2020).

(Baca Juga: Kejar Target Investasi, Besar BKPM Pakai Strategi Ala Juventus)

Membaca Juga:

Ia meyakini, bila dapat menemukan lokasi yang tepat oleh sebab itu proyek kilang minyak mini mau diminati oleh investor. “Jika menjumpai crude oil yang bagus beserta dekat dengan konsumen, maka investor akan tertarik. Dan pemerintah status memberikan kemudahan perizinan serta motivasi, maka ini akan diminati oleh investor, ” jelasnya

Sementara itu, Ketua Umum Aspermigas, John Karamoy mengatakan, bahwa pada wilayah timur Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya. Dari hasil penelitian giant fuel Indonesia nantinya terdapat di Papua serta Maluku.

“Sumber gaya alam yang ada di provinsi Indonesia Timur bisa kita gunakan untuk masa depan. namun masalahnya kondisi alam membuat sulit, dibutuhkan biaya yang cukup besar. Dan resikonya pun juga besar tapi itu harus kita hadapi, ” kata John.

(Baca Juga: Pertamina Beberkan Pentingnya Membangun Kilang Minyak Baru di Tanah Air)

Author Image
Vincent Moore