Membalas Berbagi Ilmu dengan Stafsus Presiden soal Penanganan COVID-19

Membalas Berbagi Ilmu dengan Stafsus Presiden soal Penanganan COVID-19

SEMARANG Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menekankan pentingnya testing & tracing dalam penanganan pandemi COVID-19. Selain itu, edukasi dan ketegasan dalam menegakkan protokol kesehatan juga menjadi kunci pencegahan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung dalam pertemuan dengan Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Diaz Hendropriyono saat datang ke Kantor Gubernur Jawa Pusat pada Senin 9 November 2020. (Baca juga: Kejadian COVID-19 Naik 8, 2%, Satgas: Pekan Lalu Jumlah Testing Turun)

“Kita tetap tingkatkan testing dan tracing. Hasilnya, tingkat positif (perbandingan antara temuan kasus dengan jumlah orang dengan diperiksa) melandai, ” jawab Ganjar ketika ditanya Diaz yang menemuinya dalam rangka kunjungan kerja pada Jawa Tengah.

Namun Ganjar mengakui bahwa total kasus kumulatif akan terus meningkat karena testing semakin meningkat. “Kalau jumlah kasus ya akan menyusun selama testing meningkat. Kalau suka kasus menurun itu gampang, status stop testing, ” lanjut Membalas.

Baca Juga:

Ganjar juga mengakui pihaknya mengantisipasi dampak libur panjang di dalam peningkatan kasus. Caranya dengan perketat pengawasan dan pencegahan dengan edukasi protokol kesehatan. “Kabar baiknya level kesembuhan terus meningkat, angka mair kita tekan, ” ucap Membalas dengan nada optimis.

Dia juga melaporkan kepada Diaz bahwa Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang sempat dilaporkan terkena COVID-19 telah dinyatakan sehat. “Mas Hendi sudah komunikasi dengan saya. Beliau sudah sembuh serta sekarang dalam tahap pemulihan, ” ujar orang nomor satu pada Jawa Tengah ini.

Ganjar dan Diaz juga ‘berbagi ilmu’ sekaligus mendiskusikan program vaksin untuk mengakhiri pandemi. Lagi-lagi kuncinya adalah edukasi dan koneksi.

Di sisi lain, Ganjar selalu menerangkan ketika ditanya Diaz menghantam kesiapan masyarakat menerima program vaksin pemerintah. Baginya, integritas adalah pokok dari tata kelola kepemerintahan yang baik. Semua program pemerintah bisa berjalan lancar kalau komunikasi dan edukasi dilakukan dengan integritas luhur.

Author Image
Vincent Moore