Keterisian Rumah Sakit Berkurang, Jokowi Ingatkan Tetap Patuhi Prokes Covid-19

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini keterisian tempat tidur perawatan Covid-19 di rumah sakit mulai menurun. Meski begitu, Jokowi mengingatkan semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Selamat pagi. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah-rumah sakit kian menurun, penghuni tempat-tempat isolasi mandiri semakin berkurang, tetapi kita belum tiba di akhir pandemi. Covid-19 masih menjadi ancaman yang nyata,” kata Jokowi dikutip dari akun media sosialnya, Senin (23/8/2021).

Mantan Wali Kota Solo itu berujar, peran setiap orang masih sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran virus ini. Para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lain masih berjaga di garda terdepan. Sementara masyarakat tetap harus berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Keterisian Tempat Tidur di RS Rujukan di Angka 44,05%
“Dengan mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, kita melindungi diri kita, keluarga, dan lingkungan, sekaligus membantu mengurangi beban para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan,” kata Jokowi.

Sebagai informasi, perkembangan Covid-19 di wilayah Pulau Jawa mulai mengalami tren perbaikan meski hal itu tidak terjadi seluruhnya. Namun demikian, daerah non Pulau Jawa masih menjadi perhatian karena terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan.

Baca juga: Keterisian ICU dan Angka Kematian COVID-19 di Jakarta Turun

Author Image
Vincent Moore