Keterampilan Yonif Raider 600 saat Kuasai Pantai Bikin Kaget Pasukan US Army

SAMBOJA – Latihan Menyerang Beach Landing atau pendaratan pantai mengawali latihan bergandengan (Latma) Garuda Shield ke-15 tahun 2021 antara Gerombolan Yonif Raider 600/Modang TNI AD dan militer Amerika Serikat ( US Army ) di Pantai Semenanjung Harapan, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pangdam Vl Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto melahirkan, sebelumnya kedua pasukan usai berangkat dari Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan, Kamis (5/8/2021) dini hari sekira pukul 03. 00 Wita dan tiba di Pantai Semenanjung Harapan, Samboja, Kutai Kartanegara.

“US Army memakai Kapal LCU 2000 & sementara TNI AD menggunakan kapal ADRI 45, ” kata Pangdam Vl Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto.

Dari bibir pantai, kata tempat, pasukan mendarat dari renggang sekitar 1. 800 meter kemudian berjalan sejauh 500 meter sebelum melakukan serangan.

Kekuatan per sebanyak satu batalyon yang terdiri dari satu kompi kanan dan satu kompi kiri mereka melakukan gempuran ke daratan.

“Latihan ini merupakan lengah satu materi latihan dengan dilakukan bersama US Army dengan harapan mendapatkan sepadan kemampuan dalam operasi menyerbu, ” tandas Pangdam Vl Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto.

Dalam latihan tempur ini terlihat Tentara Raider 600/Modang mampu menimpali keterampilan Pasukan US Army dalam penguasan medan pantai. Bahkan satuan Raider 600/Modang dengan motto Lekas Senyap Tepat ini begitu sigap di dalam serbuan ke daratan yang membuat beberapa personel US Army terlihat kaget.

Nampak beberapa tentara US Army terlihat kepanasan dalam latihan bersama diPantai Tanjung Harapan, Samboja itu. Faktor perbedaan cuaca ini membuat pasukan US Army harus beradaptasi dengan cuaca di Kalimantan Timur.

Author Image
Vincent Moore