Kekangan Mudik Dinilai Tidak Efektif, Ini Penyebabnya

JAKARTA awut-awutan Pakar kebijakan publik Achmad Nur Hidayat menilai larangan mudik tahun 2021 tidak efektif dan berujung urung. Inkonsistensi pemerintah jadi penyebabnya.

“Ini tidak efektif karena kebijakan pemerintah perkara pengendalian Covid-19 selama itu tidak konsisten. Publik tahu selama larangan mudik tak disertai larangan tegas lainnya seperti larangan warga aneh masuk Indonesia maka kekangan mudik tahun 2021 ini akan gagal, ” ujarnya dalam rilis yang diterima SINDOnews , Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Sahih Dilarang, Ratusan Pemudik Sedang Ngeyel Masuk Blitar

Patuh mantan ketua BEM UI ini, seberapa banyak pun petugas diturunkan, larangan mudik akan ditolak rakyat. Menurutnya, rakyat nekat mudik sebab mereka melihat sudah tidak ada alasan lagi mobilisasi dibatasi. “Pusat belanja tak dilarang, wisata lokal dibuka. Ini adalah kegagalan komunikasi publik pemerintah, ” ujar Direktur Eksekutif Narasi Institute ini.

Baca juga: Penyekatan Mudik Lebaran, Wakil Komisi III DPR: Jangan Kasih Ampun

Baca Juga:

Dia menyarankan kepada pemerintah untuk menyelenggarakan komunikasi publik yang bertambah konsisten. “Jangan salahkan kaum, tapi salahkan komunikasi umum pemerintah yang tidak tetap karena pembatasan pergerakan orang tanpa kriteria yang positif dan terkesan main-main, ” tandasnya.

Author Image
Vincent Moore