Inspeksi Lemkapi: Masyarakat Puas Beraneka macam Inovasi Pelayanan Publik Polri

JAKARTA – Polri akan merayakan HUT ke-75 dalam 1 Juli 2021 mendatang. Pada Hari Bhayangkara belakang, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan memasuki 150 hari kerja ataupun sekitar lima bulan menjabat.

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia ( Lemkapi ) kembali melayani Survei Kinerja Polri. Inspeksi ini mengambil fokus studi mengukur tingkat kepercayaan asosiasi terhadap pelayanan Polri di bawah kepemimpinan mantan Kabareskrim Polri tersebut. Survei menggunakan metode penelitian porposive random sampling dengan human of error 3. 5%.

Hasilnya, bersandarkan riset yang dilakukan Lemkapi, sejak dilantik Presiden Jokowi 27 Januari 2021, ditemukan ada kenaikan yang sangat signifikan bahwa Polri semakin dipercaya. Survei dilaksanakan pada periode 15-24 Juni 2021 dengan 800 responden di seluruh Indonesia.

Baca juga: Peringati HUT Bhayangkara, Kapolri: Target 1 Juta Vaksinasi Tercapai
Hasil survei membuktikan 86, 3% masyarakat melihat kinerja polri dalam pelayanan publik dengan beragam permutasi pelayanan semakin baik serta semakin mendapatkan kepercayaan klub.

Menangkap Juga:

Angka tersebut melesat naik bila dibanding 2020 yaitu berada pada angka 82. 9%. Sejumlah alasan responden kenapa kinerja Polri semakin dipercaya, antara lain saat ini Polri secara bertahap sudah mengubah wajah pelayan penegakan hukum di jalan raya, melalui sistem teknologi tilang elektronik atau ETLE.

Selain itu, tersedia teknologi pengawasan bernama Propam Presisi, dan pelayanan sambungan SIM online dan Dumas online. “Semua inovasi Polri ini membuat pelayanan Polri semakin dipercaya masyarakat sebab sangat transparan, ” introduksi Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, Minggu (27/6/2021).

Author Image
Vincent Moore