Indonesia-Inggris Gelar Lokakarya Percepatan Pemanfaatan Telemedicine

Indonesia-Inggris Gelar Lokakarya Percepatan Pemanfaatan Telemedicine

JAKARTA awut-awutan Kedutaan Besar Inggris bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyelenggarakan lokakarya tentang akselerasi penggunaan telemedicine berbasis publik.

Kegiatan ini menghadirkan kaum pakar kesehatan internasional yang berbagi pengetahuan dan keahlian mereka mengenai penerapan telemedicine di berbagai negara, termasuk di Inggris. Selain itu, perwakilan dari Kemenkes memaparkan roadmap pengembangan pelayanan kesehatan berbasis digital (digital health) di Indonesia.

Acara daring yang dilakukan selama dua hari di 2-3 November bertujuan untuk mendukung Kemenkes dalam menyusun berbagai peraturan terkait telemedicine serta mengembangkan sektor ini lebih lanjut dalam bentuk menyediakan pelayanan kesehatan yang bertambah optimal ke seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu bertujuan untuk memberikan informasi bagaimana negara-negara lain menggelar dan memanfaatkan telemedicine di negeri mereka dan pelajaran apa yang bisa diambil oleh Indonesia pada mengembangkan pelayanan kesehatan berbasis digital ini.

Baca Juga:

“Telemedicine berbasis publik sangatlah penting bagi Indonesia dengan merupakan negara keempat dengan populasi terbesar dunia. Indonesia memiliki bervariasi potensi yang dibutuhkan untuk memajukan layanan dan teknologi kesehatan digital. Pengembangan layanan kesehatan digital diharapkan dapat meningkatkan akses kesehatan semesta masyarakat Indonesia, ” ujar Pekerja Ahli Bidang Teknologi Kesehatan & Globalisasi Kemenkes, Achmad Yurianto.

“Saya meyakini bahwa ini akan membawa banyak manfaat bagi lebih dari 269 juta masyarakat Indonesia yang tersebar pada 17, 504 pulau. Saat itu, Kemenkes sedang berusaha sekuat gaya untuk mengembangkan platform telemedicine buat membuka akses pelayanan kesehatan yang aman, nyaman dan berkualitas seluas-luasnya bagi seluruh warganya di semua penjuru nusantara. Program ini ana sebut SehatPedia, ” tuturnya. (Baca juga: Konsumen Takut ke Rumah Sakit, Telemedicine Kian Diminati Masyarakat)

Sementara itu Duta Besar Inggris buat Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, mengatakan:

“Kita semua padahal dan terus mengakeselerasi penggunaan penyajian jasa kesehatan dn konsultasi jangka jauh guna meningkatkan keamanan serta mengurangi resiko penyebaran COVID-19. Inggris bangga akan inovasinya dalam zona kesehatan digital dan sangat senang bisa berbagi ilmu dan piawai dengan Indonesia. ”

Author Image
Vincent Moore