Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Super Preferensi, Mandalika Gelar Kompetisi Surfing

Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Super Preferensi, Mandalika Gelar Kompetisi Surfing

JAKARTA – Jadi salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah, kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, ikut terdampak akibat pandemi virus Corona Covigd19. Walaupun pembangunan gelanggang Mandalika untuk penyelenggaraan Semboyan GP 2021 tetap berjalan, tetapi kegiatan kepariwisataan baik, itu kunjungan wisata dan perhotelan nyaris macet.

Untuk itu Mandalika Hotels Association (MHA) mengadakan kegiatan sayembara surfing berskala internasional bertajuk MHA Open 2020 Surfing Competition, dengan bertujuan mengembalikan kepercayaan masyarakat biar datang berwisata ke kawasan Mandalika sekaligus meningkatkan kembali perekonomian di kawasan ini.

Baca juga: Putaran Dunia, Ini Negara Favorit Istri Pejabat Bella Saphira

MHA Open 2020 Surfing Competition sendiri akan digelar pada 16-18 Desember 2020 di Pantai Seger, Kawasan KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Baca Serupa:

Direktur Propaganda Wisata Minat Khusus Kemenparekraf, Adella Raung, menjelaskan bahwa wisatawan peselancar atau surfer cenderung mencari destinasi wisata yang sepi dan mempunyai length of stay yang panjang, Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang fokus pada poin kualitas wisatawan dibandingkan kuantitasnya.

“Dengan adanya kegiatan persaingan surfing memberikan efek domino bagi perekonomian masyarakat Lombok. Juga sebagai bukti bahwa sebagai destinasi wisata, Mandalika telah siap mengadakan kegiatan berskala nasional dan internasional walaupun pandemi masih berlangsung, ” ucap Adella dalam Konferensi Pers online MHA Open 2020 Surfing Competition, Sabtu (12/12).

MHA Open 2020 Surfing Competition tersebut akan diikuti oleh 170 peselancar dari berbagai daerah selain NTB, seperti Mentawai, Nias, Bali, Kupang, Jawa Barat, dan peserta aneh (WNA) yang tinggal di Indonesia, yaitu dari Australia, USA, Russia, dan Afrika selatan.

Panitia pula menerapkan protokol kesehatan bagi peserta selama di darat dan telah mengikuti rapid test sebelum kesibukan. “ Kegiatan ini juga bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk bertandang ke Mandalika dengan protokol kesehatan tubuh, ” ungkap Adella.

Baca juga: BO$$MAN, Burger Terkenal di Bali Kini Hadir di Jakarta!

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, Lalu M. Faozal berharap kegiatan ini diadakan secara berkelanjutan. “Dengan event dengan sustainable, kita akan dapat meraih kepercayaan pasar wisatawan, sehingga kita dapat merasakan dampaknya langsung di peningkatan pariwisata di NTB, ” ucap Faozal.

Ia berharap dalam kegiatan MHA Open 2020 Surfing Competition akan mendatangkan banyak wisatawan lokal, Nusantara maupun mancanegara, ditambah dengan adanya kegiatan bazar akan semakin menggeliatkan para pelaku UMKM di Lombok Tengah.

Author Image
Vincent Moore