Chandra Asri Raih Pembiayaan Rp700 Miliar dari Kbank Thailand

Chandra Asri Raih Pembiayaan Rp700 Miliar dari Kbank Thailand

JAKARTA – KASIKORNBANK (Kbank), perbankan asal Thailand telah bermitra dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) untuk memperpanjang dan memperluas 1, 6 miliar Baht Thailand setara USD50 juta atau sekitar Rp700 miliar (Rp14. 000 per dolar AS) trade finance dan committed unsecured revolving credit facility.

Itu adalah fasilitas pembiayaan luar negeri pertama dari jenis ini yang diberikan oleh KBank kepada nasabah di luar Thailand, jadi pengakuan atas kualitas kredit yang kuat dari Chandra Asri, dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri domestik Indonesia di pusat tantangan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Terungkap! Demikian ini Cara Pemerintah Mengembalikan Utang Asing Negeri yang Terus Numpuk

Wakil Presiden Pertama KASIKORNBANK Jaturachet Niltawat mengatakan perseroan senang dapat bermitra dengan Chandra Asri dan memberikan sarana pembiayaan terutama pada masa-masa rajin ini. Seiring dengan pertumbuhan Chandra Asri yang terus berkembang, pihaknya percaya akan kualitas kredit dengan kuat sebagai market leader buat industri petrokimia di Indonesia.

Baca Juga:

“Kami optimis dengan kerjasama ini tidak hanya menunjukkan pertolongan kuat KBank kepada nasabah ana selama masa pandemi Covid-19, tetapi juga menunjukkan komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi anyar seiring dengan pulihnya ekonomi ijmal dan melanjutkan lintasan pertumbuhan positifnya di tahun-tahun mendatang, ” sebutan dia dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Tatkala itu, Direktur Keuangan Chandra Serasi Andre Khor menjelaskan sepanjang kala yang tidak pasti dan penuh tantangan ini, perseroan berhasil mempertahankan profil keuangan yang kokoh, dibantu oleh likuiditas yang kuat dan memadai. Dengan fleksibilitas penuh serta akses ke bank dan pasar modal obligasi, pihaknya dapat langsung mengoptimalkan struktur permodalan dan neraca di tingkat yang kompetitif.

Baca Juga: Go Digital! Unit BCAP MNC Guna Usaha Siapkan Aplikasi Pembiayaan SIAP Haji & Umroh

“Kami menyambut baik Trade Finance dan Revolving Credit Facility dari Kbank, yang selanjutnya meningkatkan ketahanan keuangan kami, membuat pembiayaan kami semakin kompetitif, dan menegakkan posisi kuat Chandra Asri untuk terus melayani pelanggan kami dan pasar domestik, ” ujar Andre.

Chandra Asri adalah produsen petrokimia terintegrasi terbesar pada Indonesia dan mengoperasikan satu-satunya cracker Naphtha di Indonesia yang memproduksi Olefins (Ethylene, Propylene), Pygas & Mixed C4, pabrik Styrene Monomer, pabrik Butadiene dan pabrik MTBE/Butene-1.

Emiten dengan kode saham TPIA ini pula merupakan produsen Polyolefins terbesar (Polyethylene dan Polypropylene), yang merupakan target baku utama untuk memproduksi produk berdurabilitas dan bernilai tambah luhur yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi produk meliputi masker, alat pelindung diri, dan kemasan higienis untuk industri dalam negeri.

Author Image
Vincent Moore