Cara Pilih Aksesoris yang Bisa Bikin Tambah Keren Mobil

loading…

suzuki Ignis. FOTO/ IST

JAKARTA – Sebagai pemilik mobil, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyehatkan tampilan mobil agar tampak berbeda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan embel-embel sehingga mobil tampil lebih eksklusif.

Tetapi, agar tidak menimbulkan efek penurunan performa mobil, disarankan untuk membeli aksesori bertemu standar dari manufaktur atau OEM (Original Equpment Manufacturer).

BACA JUGA – Selain UFO, Benda Misterius di Pentagon Pesawat Canggih China dan Rusia

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai produsen mobil juga mempunyai merk aksesori resmi tunggal, yaitu Suzuki Genuine Accessories atau biasa dikenal secara sebutan SGA. Aksesori-aksesori dengan terdapat dalam SGA tentunya dibuat dengan memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan serta estetika bagi penggunanya.

Baca Juga:

Menurut Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIM, penggunaan suplemen harus mempertimbangkan faktor kesejahteraan. Oleh karena itu, opsi yang paling baik adalah dengan menggunakan aksesori formal dari pabrikan. Bagi pemilik mobil Suzuki, ada kaum aksesori resmi dari line up SGA yang mampu digunakan untuk menyegarkan tampilan mobil, yaitu:

1. Spoiler

Penerapan spoiler, khususnya di periode belakang, bukan hanya menaikkan estetika mobil agar terlihat lebih sporty. Namun, spoiler menjadi salah satu komponen yang dapat memengaruhi aerodinamika. Penggunaan spoiler dapat menambah downforce/tekanan ke bawah jadi mampu mengurangi gaya naikkan yang timbul akibat kecepatan tinggi saat berkendara. Gaya angkat ini dapat mendirikan mobil melayang dan tidak stabil serta berpotensi memproduksi pengemudi hilang kontrol. Namun, pemasangan spoiler pada belakang mobil sebisa mungkin diimbangi dengan pemasangan spoiler dalam depan dan samping buat menjaga agar mobil lebih terkendali.

2. Emblem Suzuki Sport

Sama seperti penggunaan spoiler yang dapat menambah tanda sporty pada mobil Suzuki, emblem Suzuki Sport pula menjadi satu diantara pilihan embel-embel favorit yang dapat mengekspresikan gaya sporty pengemudi.

3. Door Visor

Door visor menjelma aksesori tambahan wajib yang cukup penting pada mobil. Door visor berguna jadi talang air yang bisa mengurangi cipratan air yang masuk ke kabin masa kaca dibuka. Air abu yang masuk terlalu banyak ke dalam kabin sanggup memengaruhi komponen kelistrikan di pintu mobil, seperti power window yang terdapat dalam door trim yang menyedihkan terjadi hubungan arus pendek jika terkena tampias tirta hujan.

4. Grille

Pemasangan grille bukan hanya mendongkrak estetika eksterior mobil, memiliki kurang fungsi. Grille memiliki kegiatan utama sebagai saluran hawa dari mesin yang mempunyai temperatur panas yang lulus tinggi. Pada fungsi ini, grille berguna untuk mengelola temperatur mesin agar pasti stabil sehingga tidak mencapai titik overheat. Selain itu, grille pada mobil serupa dapat berguna untuk memajukan aerodinamika mobil secara optimal sehingga memiliki performa dengan konsisten.

5. Fog Lamp Set

Fog lamp atau lampu kabut memiliki fungsi istimewa sebagai komponen keselamatan ketika berkendara. Komponen ini berfungsi membantu visibilitas dan pendirian pengemudi ketika melalui timah yang berkabut atau abu. Fog lamp dirancang untuk dapat mengimbangi kemampuan headlamp saat kondisi jarak penglihatan pengemudi terbatas.

6. Parking Sensor

Parking sensor memiliki fungsi utama sebagai pemberi isyarat kepada pengemudi yang hendak memarkirkan kendaraan. Parking sensor dapat memberikan alarm perkataan jika mobil mendekati sebuah objek. Jika suara tanda bahaya berbunyi, tandanya pengemudi kudu lebih waspada terhadap iklim sekitar tempat parkir mobil. Parking sensor pada kendaraan harus terawat kebersihannya, dipastikan terbebas dari debu atau kotoran lainnya, sehingga sensor dapat berfungsi secara ideal.

Pemasangan aksesori yang sesuai rencana dan fungsi dapat dilakukan sendiri maupun di pabrik resmi. Namun, sangat disarankan agar memasang aksesori dan komponen di bengkel sah karena teruji kelaikannya serta bergaransi. Selain itu, penerapan di bengkel resmi pula bisa menghindarkan kesalahan instalasi, khususnya kelistrikan dan pesawat.

(wbs)

Author Image
Vincent Moore