Buronan Cukong Illegal Logging Dibekuk Awak Gabungan

Buronan Cukong Illegal Logging Dibekuk Awak Gabungan

loading…

PONTIANAK – Tim Gabungan dari personel Gak Kum KLHK dan TNI ikut serta dalam penyergapan dan penangkapan cukong kayu illegal logging berinisial EK beserta anak buahnya, Sabtu (27/06/2020)sekitar pukul 21. 00 WIB.

Dalam penangkapan ini tersangka langgsung digiring ke Markas SPORC Kehutanan di Kecamatan kubu Raya, Kalimantan Barat berperan mempertanggungkan perbuatannya Pembalakan Liar pada areal hutan lindung di wilayah hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) Pendidikan milik Universitas Tanjungpura (Untan) Kalimantan Barat.

Ketelibatan TNI dalam penangkapan itu karena ada informasi yang menyebut pelaku dibekingi oknum aparat yang selama ini tidak tersentuh oleh penegak hukum.

Mengaji Juga:

“Dalam penggerebekan oleh tiga tim itu berhasil menangkap 10 orang praktisi pembalakan hutan secara liar pada tiga tempat berbeda dan memperoleh temuan berupa kayu log sebesar 236 batang berbagai jenis & menyita lima buah gergaji mesin, ” kata Danrem XII/Abw Brigjen TNI Ronny dalam rilisnya dalam Pontianak.

Dia menjelaskan, kesepuluh tersangka, tiga diantaranya terperangkap tangan sedang melansir kayu olahan yang diduga hasil penebangan dari kawasan KHDTK untuk pendidikan, yaitu untuk Untan Pontianak.

Terkait adanya dugaan keterlibatan aknum aparat, Danrem XII/Abw, Brigjen TNI, Ronny mengatakan perintah pimpinan betul tegas. (Baca juga: 9 Rumah Rusak Berat Terlibat Tanah Longsor di Kota Palopo)

“Kalau benar ada Oknum aparat yang terkebat perintah pimpinan kami tegas, yakni pasti akan dikenakan tindakan disiplin bahkan sampai pada tindakan lembaga tegas sesuai aturan yang legal. Namun kasus ini, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian, jika ada oknum yang terlibat oleh sebab itu akan diproses melalui Polisi Militer atau kesetuannya, ” tegas Danrem XII/Abw.

(boy)

Author Image
Vincent Moore