Bubar di SNMPTN dan SBMPTN, Kuota KIP Kuliah Sabuk Mandiri Unair Masih Tersedia

SURABAYA semrawut Universitas Airlangga (Unair) menganjurkan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang tidak diterima mengikuti seleksi melalui carik SNMPTN maupun SBMPTN. Jalan itu terbuka untuk sabuk Mandiri yang juga bisa diakses pemegang Kartu Nusantara Pintar Kuliah (KIP-K).

Rektor Universitas Airlangga Prof Moh Nasih menuturkan, pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam kejadian finansial. Pihaknya menekankan kalau finansial tidak menjadi larangan seseorang untuk bisa menempuh pendidikan di Unair.

Baca juga: Buruan! Daftar KIP Belajar Masih Bisa untuk Pilihan Mandiri di PTN

“Kami sangat berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang akademik namun terkendala ekonomi atau piawai, ” kata Prof Nasih, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga:

Ketua Induk Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr. Achmad Solihin SE., M. Si menambahkan, pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 20 Juni. “Kami masih memberi kesempatan kepada siswa-siswi yang kemarin belum beruntung di SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar di jalur Mandiri, ” sirih Solihin.

Pembukaan pendaftaran untuk peserta KIP-K pada jalur Mandiri tersebut dikarenakan kuota KIP-K di dalam jalur SNMPTN dan SBMPTN belum terpenuhi. Jalur Mandiri 2021 Unair dibuka buat semua program studi (prodi) S1 yang berjumlah 44 prodi.

Baca juga: Gagal Diterima di Kampus Impian? Ini 5 Tips Anti Kacau ala Ketua LTMPT

Di jalur Mandiri ini, lanjut Solihin, peserta dengan KIP-K tidak dikenakan biaya pendaftaran. Namun, peserta KIP-K yang telah melakukan pendaftaran & telah melakukan pembayaran, beban tidak dapat ditarik ulang. Jika lolos penerimaan mahasiswa baru, seleksi pembiayaan pelajaran peserta dengan KIP-K hendak dilakukan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Selanjutnya, katanya, mahasiswa yang telah mendaftar carik Mandiri dijadwalkan untuk memasukkan tes tulis pada 26-29 Juni di Surabaya. Materi yang akan diujikan yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Untuk itu, Solihin mengimbau pada seluruh peserta yang belum melakukan pendaftaran, segera memasukkan diri melalui website https://pendaftaran.unair.ac.id/
“Secepatnya segera melakukan proses pendaftaran sebab akan ditutup pada 20 Juni pukul 23. 59 WIB. Segerakan. Jangan mencatat di akhir waktu, contoh terjadi kepadatan jaringan atau kurang berkas nanti tak ada kesempatan untuk membenarkan, ” ucapnya.

Berita Terkait

TULIS KOMENTAR ANDA!

Berita Rekomendasi

Author Image
Vincent Moore